Contact Us :   0812-3218-1865 |  031-3817-300

Peringatan Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan ditetapkan karena adanya suatu peristiwa besar yang berlangsung di kota Surabaya.

Peristiwa ini ditandai dengan insiden yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya yang pada saat itu hotel tersebut bernama Hotel Oranje. Setelah ditetapkannya kemerdekaan Indonesia dari kubu Jepang, pemerintah Indonesia saat itu mengeluarkan maklumat yang mengatakan bahwa bendera Sang Saka Merah Putih agar terus dikibarkan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk Surabaya. Namun sekelompok masyarakat Belanda yang dipimpin oleh Mr. Ploegman mengibarkan bendera Belanda tanpa persetujuan dari Pemerintah Indonesia Daerah Surabaya, hal itu menyulut amarah warga Surabaya yang menganggap apa yang dilakukan oleh Ploegman merupakan penghinaan terhadap kemerdekaan Indonesia yang sudah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.


Mr. Ploegman menolak untuk menurunkan bendera Belanda dari Hotel Yamato membuat geram banyak rakyat Surabaya,, kemudian terjadilah baku tembak antara masyarakat Indonesia dengan tentara Inggris Peperangan yang melibatkan masyarakat Indonesia dengan tentara Inggris tersebut terus berlangsung hari demi hari sampai puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945,
Pertempuran di Surabaya ini menginspirasi masyarakat Indonesia lainnya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan mengusir penjajah. Banyaknya rakyat Indonesia terutama pemuda yang tewas pada peristiwa ini menjadikan tanggal 10 November sebagai peringatan hari pahlawan untuk selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan.


Dan pada tanggal 10 November 2016, Filadelfia School ikut serta memperingati hari yang bersejerah tersebut dengan mengadakan upacara Bendera bagi siswa-siswi muli dari SD sampai SMA. Sedangkan untuk anak-anak PG-TK mengikuti karnaval keliling komplek abapatan Pantai seraya menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Pada hari itu seluruh warga Filadelfia School, baik itu siswa-siswi, para guru, bahkan staff administrasi mengenakan pakaian pejuang dengan tujuan agar siswa-siswi Filadelfia school mengenal moment heroic yang pernah terjadi di Surabaya, dan selalu mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga untuk bangsa dan negara.